ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (BABS) (Studi Kasus Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima)

ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING THE BEHAVIOR OF HOLIDAY WASTE (Case Study Tambe Village, Bolo District, Bima Regency)

  • Fitrianingsih Dinas Kesehatan Kabupaten Bima
  • Sri Wahyuningsih Sekolah Tinggi Tekhnik Lingkungan Mataram
Keywords: BABS, Pengetahuan, Sikap, Perilaku

Abstract

Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) yang merupakan salah satu kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu program pemberdayaan masyarakat dalam bidang sanitasi dimana kegiatannya diarahkan pada 2 perubahan perilaku dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) menuju pada suatu tempat tertentu (jamban/kakus) yang dapat mencegah bau yang tidak sedap, pencemaran terhadap sumber-sumber air bersih serta keterjangkauan lalat yang dapat menyebabkan penyakit berbasis lingkungan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain obeservasional melalui pendekatan cross sectional. Jumlah Populasi sebanyak 297 kepala keluarga dengan sampel 10 kepala keluarga yang diteliti di desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dengan cara pengambilan sampel melalui teknik Accidental Sampling. Data yang diperoleh menggunakan ceklist dan kuesioner diolah secara manual dan sajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat pengetahuan terbanyak yaitu pada tingkat pengetahuan kurang berjumlah 3 orang (30%) dengan tingkat pendidikan SD. Sikap terbanyak yaitu dengan sikap negatif berjumlah 4 orang (40%) dengan tingkat pendidikan SD. Perilaku responden terbanyak yaitu dengan sikap negatif berjumlah 3 orang (30%) dengan tingkat pendidikan SD.

References

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tahun 2020
Ferllando dan Asfawi. 2015. Hubungan antara Sanitasi Lingkungan dan Personal Hygiene Ibu dengan Kejadian Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Mangkang.
Pemerintah Desa Tambe Kantor Statistik Kabupaten Bima, Tahun 2016
Metodologi penelitian kesehatan S Notoatmodjo Jakarta: rineka cipta Tahun 2010
Pudjaningrum, Tahun 2016. Pengaruh Metode Pemicuan Terhadap Perubahan Perilaku Buang Air Besar Sembarangan Pada Masyarakat Kelurahan Kauman Kidul Kota Salatiga Program Studi Kesehatan Masyarakat peminatan Kesehatan Lingkungan, FKM Universitas Diponegoro
Ibrahim, Ikhsan. 2012. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Jamban di Desa Pintu Langit Jae Kecamatan Padang sidimpuan Angkola Julu Tahun 2012.
Kemenkes. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.
Anna Dwiana, Berita Kedokteran Masyarakat, Volume 33 No. 6 Tahun 2017. Determinan perilaku buang air besar pada masyarakat pesisir di kabupaten Buton Selatan
Wahyu Afiatul Qudsiyah, tahun 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingginya Angka Open Defecation (OD) di Kabupaten Jember (Studi di Desa Sumber Kalong Kecamatan Kalisat) Factors Assosiated with High Number of Open Defecation (OD) in District Jember (Studies in Sumber Kalong Village, Kalisat Subdistrict). e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol. 3 (no. 2).
Kholid, Ahmad. 2014. Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemenkes. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.
2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahum 2015. Kemenkes RI. Jakarta.
Kholid, Ahmad. 2014. Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawati, Linda. 2015. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Kepala Keluarga dalam Pemanfaatan Jamban di Pemukiman Kampung Nelayan Tambak Lorok Semarang. Skripsi Universitas Negeri semarang.
Masjuniarty. 2010. Perilaku Masyarakat Tentang Pemanfaatan Jamban Keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas CangadiKecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Skripsi Fakultas Kesehatan UIN Alauddin Makasar.
Meiridhawati. 2012. Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Jamban Community Led Total Sanitation (CLTS) di Kenagarian Kurnia selatan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Darmasraya. Skripsi Universitas Andalas. Tersedia dalam http://scholar.unand.ac.id/6566/1/1222.pdf. Diakses tanggal 27 Juni 2018.
Murwati, Murwati. 2012.Faktor Host dan Lingkungan yang Mempengaruhi Perilaku Buang Air Besar Sembarangan/(Open Defecation).Thesis Universitas Diponegoro. Tersedia dalam http://eprints.undip.ac.id/42524/1/Bab_IIV. pdf. Diakses tanggal 18 Nopember 2017.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. Otaya, Lian. 2012. Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Masyarakat Terhadap Penggunaan Jamban Keluarga. Jurnal. 5(2). Tersedia dalam http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JHS/article/view/856/798. Diakses tanggal 21 Juni 2018.
Pane, Erlinawati. 2009. Pengaruh Perilaku Keluarga Terhadap Penggunaan Jamban.Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 3(5): 229-234 Tersedia alam https://media.neliti.com. Diakses tanggal 22 Nopember 2017.
Proverawati dan Rahmawati. 2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika. Putra, Gandha Sunaryo dan Selviana. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepemilikan Jamban Sehat di Desa Empakan Kecamatan Kayan Hulu. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatuliastiwa. 4(3): 238-243.
Saliani, Halenita. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktek Buang Air Besar Masyarakat di Desa Garuga Kecamatan Mantoh Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Ilmiah. Tersedia dalam https://ejournalhealth.com. Diakses tanggal 21 Juni 2018.
Sigalingging, Lasrobema. 2016. Hubungan Karakteristik Individu dan Kepemilikan Jamban Keluarga dengan Tindakan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Desa Sosor Tolong Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2016. Skripsi Universitas Sumatera Utara. Tersedia dalam http://repository.usu.ac.id. Diakses tanggal 2 Maret 2018.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-01-29
Section
Articles