ANALISIS RISIKO KESEHATAN LINGKUNGAN (ARKL) PAJANAN PARTIKULAT MATTER (PM10) PADA RELAWAN LALU LINTAS AKIBAT TRANSPORTASI (Studi Kasus Jl.Abdullah Daeng Sirua Kota Makassar)

  • Sri Wahyuningsih Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) Mataram
Keywords: ARKL, PM10, Relawan Lalu Lintas

Abstract

Kualitas udara dipantau berdasarkan 5 indikator parameter, salah satunya yaitu Particulate Matter (PM10).Particulate matter (PM) adalah istilah untuk partikel padat atau cair yang ditemukan di udara. Partikel dengan ukuran besar atau cukup gelap dapat dilihat sebagai jelaga atau asap. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Observasional Analitik dengan menggunakan metode Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL).Sampel Subyek dalam penelitian ini adalah udara ambient yang ada di Jl.Abdullah daeng sirua dan Sampel Obyek adalah Relawan Lalu lintas yang ada di Jl.Abdullah daeng sirua. Hasil penelitian menunjukkan Konsentrasi Maksimum PM10sebesar 22,12 πg/Nm3 dan konsentrasi maksimum 41,22 πg/Nm3 , Nilai ini masih berada dibawah Baku Mutu standar sesuai dengan Peraturan Gubernur Sulsel no 69 tahun 2010. Berdasarkan hasil perhitungan Intake/asupan PM10 pada relawan lalu lintas masih jauh di bawah standar. Karakteristik Risiko Relawan lalu lintas yang beraaktivitas di Jl.Abdullah daeng sirua ada RQ < 1,hal ini berarti Relawan lalu lintas yang ada di Jl.Abdullah daeng sirua tidak berisiko. Diharapkan kepada Pemerintah untuk melakukan pemeriksaan berkala pada kadar PM10 yanga da di Jl.Abdullah daeng sirua serta Diharapkan kepada Relawan lalu lintas untuk menggunakan masker saat beraktivitas di jl.Abdullah daeng sirua

References

1. Dinas Perhubungan Kota Makassar.2010
2. Harnia. 2019. Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Pajanan Debu PM10 Pada Relawan Lalu Lintas di Jl.Urip Sumoharjo Kota Makassar. Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia Makassar
3. Peraturan Gubernur SULSEL no 69 tahun 2010
4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.
5. Sukarto, H. 2006. Transportasi Perkotaan dan Lingkungan.Jurusan Teknik Sipil - Universitas Pelita Harapan. Banten.
6. Taylor, E.T. and Nakai, S. 2012. Monitoring the Levels of Toxic Air Pollutants in the Ambient Air of Freetown, Sierra Leone. African Journal of Environmental Science and Technology. 6(7):283-292.
7. USEPA. 2013. Health Effects of Particulate Matter.http://www.epa.gov/pm/health.html diakses tanggal 12 mei 2016
8. Wahyudi, E. 200. Penanganan Persoalan Lalulintas Di Kawasan Perdagangan Secoyudan Surakarta. Departemen Teknik Planologi. Institut Teknologi Bandung.
Published
2020-05-09
Section
Articles