PEMERIKSAAN KADAR NITRIT (NO2-) PADA AIR SUMUR GALI DI DESA JEMPONG KOTA MATARAM DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

EXAMINATION OF NITRIT LEVELS (NO2-) IN GULL WELL WATER IN JEMPONG VILLAGE, MATARAM CITY USING UV-VIS SPEKTROFOTOMETRY METHOD

  • Nurhidayatullah Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram
  • Hijriati Sholehah Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram1
  • Hismi Susane Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram
  • Faisal Khalidi Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram
Keywords: nitrite, spectrophotometry, dug well water

Abstract

Kadar nitrit (NO2-) di dalam air minum tidak boleh melebihi kadar maksimum yang diperbolehkan. Air minum yang dikonsumsi masyarakat pedesaaan berasal dari beberapa sumber mata air. Salah satunya adalah sumur gali. Kadar nitrit air minum sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Sumur gali yang terdapat di lingkungan jempong banyak yang terletak di dekat bantaran sungai, dan peternakan, sehingga sangat mudah sekali tercemar oleh berbagai macam mikroba, salah satunya bakteri Nitrosomonas dan karena bakteri inilah yang membuat nitrit dalam air sumur gali tersebut bisa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar nitrit dalam sampel air sumur di Desa Jempong, Kota Mataram. Penetapan kadar nitrit dilakukan secara spektrofotometri sinar tampak dengan menggunakan pereaksi wanna NED- Ditty drochloride (Naphthly Ethylene Diamine Dihydrochloride) pada panjang gelombang maksimum 543 rim. Sampel diambil dari 4 lokasi, yaitu Air Sumur Gali yang dekat dengan bantaran sungai, petemakan, dan pembuangan limbah rumah tangga. Penetapan kadar nitrit dilakukan dengan metode spektrofotometri UV/Vis.Hasil penelitian menunjukkan kadar nitrit 0,002 mg/1; 0,003 mg/1; 0,004 mg/1; 0,634 mg/1; 0,924 mg/1; 1,019 mg/1; 2,063 mg/1.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, kadar nitrit pada 7 sampe1 (S2, S3, SS, S6, S7, S8, S9) mengandung kadar nitrit berkisar antara 0,002 mg/1 - 2,063 mg/I. Terdapat  3 sampel  tidak  mengandung  nitrit  yaitu  sampel Sl, S4 dan S10. Dimana kadar  nitrit  tidak  melebihi  batas  yang  tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010.

References

Ida, Yustina, 2009. Penentuan Kadar Nitrit pada beberapa Air Sungai, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam: Medan.
Marsono, 2009. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Kualitas Bakteriologis Air Sumur Gali di Permukaan, Universitas Diponegoro: Semarang
Nahid Pourreza, Mohammad Reza Fat’hi and Ali Hatami, 2012. Indirect Cloud Point Extraction and Spectrophotometric Determination of Nitrite in Water and Meat Products, Microchem. J., 104, 22-25.
Nashir A, Muhith A & Idaputri, 2011. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan: Konsep Pembuatan Karya Tulis dan Thesis Untuk Mahasiswa Kesehatan, Nuha Medika, Yogyakarta.
Ompusunggu, Henni, 2009. Analisa Kandungan Nitrat Air Sumur Gali Masyarakat di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah, Universitas Sumatra Utara: Sumatra Utara.
Risamasu, Prayitno, 2011. Kajian Zat Hara Fosfat, Nitrit, Nitrat dan Silikat, Universitas Diponegoro: Semarang.
Science Lab. Chemical & Laboratory Equipment: Material Safety Data Sheet Sodium Nitrit MSDS [online], Diperoleh 1 November 2019. available at: www.sciencelab.com/msds.php?msdsId=992727.
Standar Nasional Indonesia (SNI). 2004. Cara Uji Nitrit secara Spektrofotometri. Badan Standarisasi Nasional Indonesia. Jakarta.
Sukar, A. Ri Ibgaswati, dan Inswiasri, 2001. Evaluasi Pencemaran Nitrat-Nitrit pada Air Minum PDAM, Badan Litbangkes: Jakarta.
Suryani, Rifda, 2013. Analisis Kualitas Air Sumur Dangkal, Universitas Hasanuddin: Makasar.
Published
2021-01-29
Section
Articles